Thursday, June 4

Kompilasi Karinding

Merupakan program perekaman untuk memfasilitasi band-band karinding yang sudah memiliki karya sendiri. Karya sendiri sangat penting karena mencerminkan zaman di mana karinding dieksplorasi dan merefleksikan zaman itu sendiriMemberikan fasilitas untuk berekspresi bagi band-band karinding yang kreatif Program lanjutan pemetaan potensi seni Bandung terutama di ranah musik karinding yang sudah dilakukan sejak 2008Membangun infrastruktur bentuk ekspresi musik karinding baru yang bisa dibagi kepada masyarakat luas.

Band-band yang berpartisipasi adalah Kagubrang, Karinding Sisi Wahangan, Pangraut, Karinding Keos, Buhun Squad, Sukmaraksa, Kartwel Noesantara, Kasunda, Brother Wolf Sister Moon, Punk Nyunda Makalangan, Suryakola, Karinding Awi Pipir, dan Jon Pasisian bersama Budi Dalton, Ekek Karat, dan Econk Keos. Rekaman dilakukan di Studio Bandung Creative Hub tanggal 5, 8, 12, 13, 14, 19, 20, 21, 22, 26, 27, 29 November; serta 3, 4, 5, dan 6 Desember 2018. Operator rekaman adalah Chandra Sofyana Tamih sementara proses mixing & mastering dilakukan oleh Eri RM di Studio Parakuat. Tim dokumentasi oleh Mata Angin Prodction dengan fotografer & videografer Ardyan & Haris

Sebagai pemanasan perilisan album Kompilasi Karinding, digelar sesi Ngabuburinding sepanjang bulan puasa, dan kemudian Kompilasi Karinidng akan dirilis di acara Karinding’s Day Out tanggal 14 Juli 2019 bersamaan dengan perilisan buku Sejarah Karinding Priangan, perilisan video klip “Sistem” dari Karinding Keos, perilisan singel dari Kareri, dan re-announce video klip lagu “Persib” dari Karinding Awi Pipir.

Kompilasi Karinding juga memicu pembangunan beragam infrastruktur di ranah musik karinding yang harus dikondisikan untuk mendukung keberlangsungan Kompilasi Karinding. Beberapa yang terbangun melalui Kompilasi Karinding adalah record label Paratuan Records, website Pangauban Karinding, Aub Zine, serta dua acara Ngabuburinding dan Karinding’s Day Out. Proyeksi yang lain adalah Konferensi Karinding dan semakin terbukanya jejaring ekonomi karinding kepada khalayak.